Si Uda, Orang Bajau Sampela, Pemegang Rekor Penyelam Bebas Dunia

Avatar
Si Uda, Pemegang Rekor Penyelam Bebas Dunia
(Sumber Foto: Multimedia Wakatobi)

BAJAUINDONESIA.COM: Desa Sampela secara definitif bernama Desa Sama Bahari Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara. Jika Wakatobi terkenal dengan desnitasi wisata segitiga terumbu karang dunianya yang teletak di wilayah Pulau Hoga, maka desa Sampela persis berada di depan Pulau Hoga.

https://www.instagram.com/p/CANFZt7nC6D/

Desa Sampela teletak di antara Pulau Hoga dan Pulau Kaledupa. Desa yang seolah tampak berada di Tengah laut, berdiri di atas dangkalan pasir dan karang laut.

Baca juga:

BACA JUGA:  Erni Bajau: Bantu Kami Sekolah, Kami akan Menjadi Kekuatan Terdepan Laut Bangsa Ini

Di desa Sampela adalah seorang bernama Uda, orang Bajau biasa menyapanya Si Uda. Lelaki berumur 40-an itu adalah nelayan di Desa Sampela, sebagaimana profesi penduduk Bajau Sampela lainnya.

Si Uda memegang Rekor Menyelam Bebas Dunia. Dia mampu menyelam hingga kedalaman 35 meter tanpa scuba dan alat bantu renang lainnya. Si Uda menyelam selama 4 Menit.

BACA JUGA:  Kerangka Acuan Kerja Simposium Nasional dan Festival Bajau Nusantara 2020

Keahlian Si Uda yang membuatnya berbeda dengan penyelam lain yakni mampu berjalan di dasar laut atau di atas karang laut yang dalam layaknya berjalan di daratan, karena keahliannya itu, ia pernah diundang ke German. 

Dilansir dari halaman Facebook Wakatobi Multimedia, sebelumnya tidak ada yang mengenal sosok Si Uda, namun sekarang, masyarakat Wakatobi dan masyarakat Bajau khususnya harus berbangga, salah satu keistimewaan dan keunikan orang Bajau lagi-lagi menjadi perhatian dunia. Dan mengakui SI Uda sebagai Pemegang Rekor Penyelam Bebas Dunia.

BACA JUGA:  Erni Bajau Mengajak Pemuda dan Masyarakat Bajau Milenial Menjadi Jurnalis di Media Bajauindonesia.com
https://webmedia.bajauindonesia.com/web-gratis/

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
× Chat Redaksi