Bulan Ramadan 1444 H/ Remaja Masjid AN-NUR Bajau Mantigola Gelar Lomba Keagamaan

Pangki Mantigola

Bulan Suci Ramadan 1444 H/2023 M dimanfaatkan Panitia Ramadan bersama Pemerintah Desa Horuo, Kecamatan Kaledupa, Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara melaksanakan lomba Keagamaan, bagi anak-anak Bajau Mantigola dari tingkat SD, SMP hingga SMA.

Kegiatan pertandingan Islami ini merupakan hasil prakarsa Remaja Masjid AN-NUR Mantigola bersama Pemerintah Desa Horuo yang dilaksanakan selama 6 Hari, sejak tanggal 10-15 April 2023 Di Masjid AN-NUR Mantigola Desa Horuo dan jenis kegiatan yang diperlombakan mulai Lomba Wudhu, Adzan, Hafalan surat-surat pendek dan  Ceramah tingkat dewasa.

banner 325x300

Ditunjuk sebagai Juri pada  pertandingan islami yaitu anak-anak Bajau Mantigola yang menimba ilmu di pondok pesantren Hafalan Qur’an Al-Askar Kendari dan Alumni Pondok Pesantren Darul Mukhlisin Kendari .

BACA JUGA:  Adat Selamatan Leut Suku Bajau Samah Kota Baru Kalimantan Selatan

Kriteria penilaian lomba ini menyangkut makhraj dan tajwid, kelancaran hafalan, irama serta adab dan kerapian dengan semangat mereka hadir dengan tepat waktu memakai pakain muslim.

Peserta maju dan mengambil satu buah kertas yang sudah digulung oleh panitia, yang dimana isinya terdapat nomor urut peserta kegiatan.

Basteng, S.Pd.,M.Pd (Pembina Remaja Masjid) mengatakan tujuan lomba ini dengan harapan bisa membina anak-anak kita dari usia dini untuk bisa menghafal ayat suci Al-Qur’an dan bahkan bisa melihat potensi yang dimiliki anak-anak bajau mantigola serta membangkitkan semangat, Motivasi generasi-generasi muda bajau mantigola dalam hal melatih mental para generasi dan mencari siswa yang berprestasi.

BACA JUGA:  Dialog Persaudaraan Bajau Internasional Mekarkan Hubungan Rumpun Bajau-Sama Asia Tenggara

Dengan lomba ini diharapakan anak-anak menjadi lebih aktif dan berani tampil di depan umum serta dapat menanamkan kecintaannya  terhadap Al-Qur’an. Antusias dari mereka terhadap perlombaan ini disertai dukungan dari pemerintah desa membuat kegiatan ini dapat berjalan lancar.

Jadi kalau untuk penyerahan dan pengumuman juara-juaranya nanti itu dilaksanakan saat malam takbiran.

BACA JUGA:  Tempat Objek Wisata di Bangkep Perlu Pembenahan (Pamannang Wisata ma Bangkep Perlu Dipakkialak)

 

Penulis : Pangki Mantigola

 

 

 

error: Content is protected !!