Ada yang Spesial pada Festival Kuliner Khas Suku Bajau Desa Sama Bahari Parigi Moutong Tahun ini

Avatar
Festival Kuliner Khas Bajau_ Bajau Indonesai

BAJAUINDONESIA.COM: Ada yang spesial pada lebaran tahun ini di Parigi Moutong Sulawesi Tengah, tepatnya di Desa Sama Bahari, Kec. Bolano, Suku Bajau di Parigi Moutong, kegiatan festival kuliner yang diadakan setiap tahun ini disambut antusiasme masyarakat Bajau dengan penuh suka cita dan lebih banyak peserta dan peminat.

Siap menyicipi kuliner khas suku Bajau

Kegiatan festival kuliner khas Bajau Parigi Moutong telah berlangsung selama empat tahun berturut-turut, hal ini merupakan inisiasi dari pemerintah desa dan warganya, yang disambut dengan penuh semangat dan dukungan luar biasa. Desa Sama Bahari sendiri adalah desa yang baru dimekarkan, hasil pemekaran pemekaran dari desa induk sebelumnya yaitu Desa Bajo.

“Kegiatan ini dilaksanakan setiap lebaran Hari Raya Idul Fitri tepatnya hari ke tiga lebaran” ungkap kepala Desa Sama Bahari Sagaf Sahudin “Kegiatan perayaan festival kuliner khas suku bajo ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat tali persaudaraan dan ajang sulaturahmi seluruh keluarga suku bajo di desa ini”, ungkap kepala desa.

Sagaf Sahudin (Kepala Desa Sama Bahari)

Selain festival kuliner, kegiatan ini juga diisi hiburan musik rakyat dan kegiatan berbagai lomba. Kegiatan yang dilombakan diantaranya: Lomba Tarik tambang, Panjat pinang, Lomba Ketinting (lomba cepat laju perahu mesin ketinting), Lomba Perahu Jonson (mesin tempel), Lomba Speed Boat ,dan lomba menyanyi lagu suku Bajo.

Inisiator dan owner komunitas Sama Bajo Nusantara, Ridal mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi energi baru dalam membangun silaturrahmi persaudara dan persatuan suku bajo di nusantara mengingat kualitas persatuan suku ini, hari ke hari mengalami degradasi (kemunduran).

“sebagai anak suku Bajo, saya sangat mendukung dan bangga akan kegiatan festival ini, mengingat suku bajo ini ada dimana – mana dan sampai ke negara lain. Dengan kegiatan ini tentu ini menjadi penguat persaudaraan kami terutama di Desa Sama Bahari, Sulawesi Tengah khususnya Nusantara semoga kegiatan ini tersebar luas ke suku bajo yang lain diseluruh Nusantara, begitu juga yang ada di negara lain untuk juga melaksanakan kegiatan festival – festival atau sejenisnya dalam rangka memeperkuat persaudaraan Persatuan Sama Bajo Nusantara”, tutup Ridal.

BACA JUGA:  Erni Bajau: Pola Asuh Anak pada Keluarga Bajau
Ridal (Inisiator Sama Bajo Nusantara)
error: Content is protected !!
× Chat Redaksi