Suku Bajau Akan Punah Jika Tidak Mempertahankan Tradisi dan Budaya

Avatar

Bajau Indonesia: Bajau atau Sama-Bajau adalah sebuah suku atau etnik yang tidak pernah menetap pada suatu daerah tertentu. Mereka berpindah, dan selalu menjelajah menggunakan perahu pada jangka waktu tertentu. Di Indonesia, Suku Bajau banyak sekali mendiami bagian utara Kalimantan, bagian utara Sulawesi hingga perairan Maluku dan Raja Ampat.

Suku Bajau lebih banyak melakukan aktivitasnya di atas perahu entah untuk tidur, atau berburu hasil laut yang melimpah. Mereka akan menuju daratan hanya untuk menjual hasil laut atau membeli keperluan rumah tangga yang tak bisa dibuat sendiri.

banner 325x300

Suku Bajau lebih banyak melakukan aktivitasnya di atas perahu entah untuk tidur, atau berburu hasil laut yang melimpah. Mereka akan menuju daratan hanya untuk menjual hasil laut atau membeli keperluan rumah tangga yang tak bisa dibuat sendiri.

Saat ini suku bajau sudah semakin sedikit akibat modernisasi. Banyak dari para keturunan suku ini memilih menuju daratan dan bekerja di sana. Akhirnya lambat laun tradisi yang sudah dimulai sejak abad ke-16 akan terancam punah. Mari sejenak mengenal Suku Bajau yang dikenal sebagai sea nomaden ini.

Baca juga: Suku Bajau Termasuk 5 Suku di Dunia yang Memilik Kemampuan Super

Baca juga: Erni Bajau Melakukan Sosialisasi Pentingnya Pendidikan ke Desa Bajau Sulaho Kabupaten Kolaka Utara

Baca juga: Duata Mandi Mayah: Titual Pengobatan Alternatif Suku Bajau

Filosofi Nama Sama-Bajau

Sama-Bajau memiliki makna yang sangat kompleks. Nama ini bisa berarti suatu suku asli atau pribumi dan juga berarti suatu bangsa. Mereka bisa disebut dengan Sama, Bajau, atau keduanya. Namun dalam kehidupan sehari-hari suku ini jarang sekali menyebut dirinya sebagai Bajau. Mereka lebih suka menyebut dirinya dengan Sama Dilaut yang memiliki arti Sama di lautan.

BACA JUGA:  POSBI Menggelar Lomba Menulis Berita dan Artikel Berbahasa Bajau, Mengawali Lomba Foto, Lomba Video, dan Festival Pemilihan Putra Putri Bajau Indonesia 2021
Sama-Bajau dan keluarga sedang berlayar [image source]

Sama memiliki arti berorientasi dengan daratan, artinya suku ini bisa menduduki suatu daratan. Sedangkan Bajau berorientasi pada lautan atau suku ini suka hidup di atas laut. Selain makna di atas, beberapa orang di area Brunei dan Malaysia menyebut Bajau memiliki arti suku yang suka meninggalkan daratan. Selain itu ada makna lain yaitu mencari ikan yang merupakan turunan kata bajaul. Dari uraian di atas dapat disimpulkan jika Sama-Bajau adalah suku yang berada di lautan dan suka mencari ikan.

Asal-usul Suku Bajau

Suku Sama-Bajau atau Bajau sebutan di Indonesia berasal dari Kepulauan Sulu wilayah Filipina. Suku ini masih satu kerabat dengan Suku Moro yang tinggal di sana. Dari wilayah Filipina, suku ini bergerak menuju sebelah utara Kalimantan menuju Brunei, Malaysia, dan juga ke wilayah Indonesia tepatnya di ujung utara Sulawesi. Selama 50 tahun terakhir mereka terus berpindah menuju ke selatan akibat konflik yang terjadi di Pulau Mindanao.

Suku Sama-Bajau atau Bajau sebutan di Indonesia berasal dari Kepulauan Sulu wilayah Filipina. Suku ini masih satu kerabat dengan Suku Moro yang tinggal di sana. Dari wilayah Filipina, suku ini bergerak menuju sebelah utara Kalimantan menuju Brunei, Malaysia, dan juga ke wilayah Indonesia tepatnya di ujung utara Sulawesi. Selama 50 tahun terakhir mereka terus berpindah menuju ke selatan akibat konflik yang terjadi di Pulau Mindanao.

Orang bajau dari daerah Filipina [image source]
Orang bajau dari daerah Filipina [image source]

Saat ini ada sekitar 470.000 orang Bajau yang tersebar di Filipina terutama di area Kepuluan Sulu dan Mindanao. Untuk Malaysia mereka banyak tinggal di Sabah. Suku Bajau juga hidup di wilayah Indonesia terutama di Kalimantan sebelah utara dan Sulawesi. Jumlah mereka di Indonesia tidak diketahui secara pasti mengingat seringnya berpindah hingga susah untuk didata. Namun yang jelas jumlah mereka sudah kian menipis.

BACA JUGA:  Menjaga Asa Pemuda dalam Membangun Desa

Bahasa yang Digunakan Suku Bajau

Suku Bajau memiliki setidaknya 10 bahasa yang diturunkan dari bahasa induk Sama-Bajaw. Secara garis besar suku ini banyak menggunakan bahasa Sinama. Namun bahasa ini sering disebut sebagai Bahasa Bajau karena dipakai hampir di semua suku dan turunannya. Bahasa yang dipakai ini cenderung mirip dengan Tagalog karena mereka berasal dari Filipina. Namun suku-suka yang berada di area Malaysia, Brunei, dan Indonesia menggunakan bahasa yang ada campurannya dengan bahasa setempat.

Hampir semua orang di suku Sama Bajau bisa bahasa lokal tempat mereka singgah [image source]
Hampir semua orang di suku Sama Bajau bisa bahasa lokal tempat mereka singgah [image source]

Karena keperluan jual-beli barang, biasanya orang yang ada di Suku bajau bisa lebih dari satu bahasa. Pertama adalah bahasa yang digunakan sehari-hari dan kedua adalah bahasa yang digunakan untuk keperluan bersosialisasi dengan penduduk lokal.

Sekitar tahun 2006 seorang peneliti bernama Robert Blust melakukan penelitian tentang Bahasa Sama-Bajaw. Ternyata bahasa ini juga merupakan bahasa turunan dari Bahasa Barito  yang banyak digunakan oleh suku seperti Dayak dan Malagasy. Penelitian ini akhirnya membuahkan sebuah dugaan jika Suku Bajaw sebenarnya adalah suku di Kalimantan yang hijrah ke daerah-daerah Filipina.

Agama Suku Bajau

Secara garis besar, orang-orang yang ada di Suku Bajau banyak menganut Islam. Mereka mempelajari keyakinan ini saat berada di kawasan Malaysia dan juga Brunei. Lambat laun kepercayaan ini menyebar luas hingga akhirnya 95% Suku Bajau menganut Islam meski tidak meninggalkan beberapa kebiasaan di masa lalu saat masih menganut animisme dan dinamisme.

Islam di suku sama bajau [image source]
Islam di suku sama bajau [image source]

Biasanya dalam setiap kelompok masyarakat selalu ada orang yang dianggap sebagai sesepuh. Ia bisa disebut dengan dukun atau dalam bahasa setempat sering disebut dengan kalamat. Pada Suku Bajau yang muslim, orang dengan predikat ini sering disebut juga dengan wali jin. Ia sering melakukan ritual agar Suku Bajau diberi keselamatan saat berada di lautan dan selalu mendapatkan berkah hasil laut yang melimpah.

BACA JUGA:  Ada yang Spesial pada Festival Kuliner Khas Suku Bajau Desa Sama Bahari Parigi Moutong Tahun ini

Kesenian dan Budaya Suku Bajau

Suku Bajau memiliki beberapa tari tadisional yang banyak dipentaskan saat upacara pernikahan. Selain itu mereka juga menyanyikan banyak sekali lagu yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Dalam memainkan lagu mereka menggunakan alat bernama palau (sejenis alat musik tiup), gabbang, dan tagunggo. Lagu-lagu tradisional dari Suku Bajau sekarang sudah nyaris punah karena generasi mudanya lebih suka dengan hal-hal berbau modern seperti internet.

tarian sama-bajau [image source]
Tarian Sama-Bajau [image source]

Selain tarian dan juga lagu, Suku Bajau juga dikenal akan budaya berkudanya. Saat berada di daratan, mereka menggunakan kuda sebagai olahraga hingga akhirnya menjadi bagian dari budaya. Biasanya mereka naik kuda dengan memakai kostum tertentu sambil membawa sebuah tombak. Saat ini tradisi ini juga semakin jarang dilakukan oleh generasi muda hingga dikhawatirkan suatu saat akan punah.

Demikianlah sekelumit kisah tentang Suku Bajau yang merupakan penjelajah air terakhir di Indonesia. Saat ini keberadaan mereka sudah berada di ambang kepunahan mengingat generasi muda mereka yang sudah mulai tertarik dengan hal-hal berbau modern

Ditulis oleh Adi Nugroho Boombastis dengan judul asli: Suku Bajau, Penjelajah Air Terakhir di Indonesia yang Mulai Hadapi Kepunahan

Respon (40)

  1. Hello! Someone in my Facebook group shared this site with us so
    I came to check it out. I’m definitely loving the information. I’m book-marking and
    will be tweeting this to my followers! Fantastic blog and wonderful design and style.

  2. Hey! I know this is kind of off topic but I was wondering if
    you knew where I could get a captcha plugin for my comment form?
    I’m using the same blog platform as yours and I’m having difficulty finding one?
    Thanks a lot!

  3. Excellent beat ! I wish to apprentice while you
    amend your web site, how can i subscribe for a weblog site?
    The account aided me a applicable deal. I have been a
    little bit familiar of this your broadcast provided shiny transparent idea

  4. I know this web page offers quality dependent articles and extra information, is there any
    other web site which gives these kinds of data in quality?
    3gqLYTc cheap flights

  5. I’m not that much of a internet reader to be honest but your sites really nice, keep
    it up! I’ll go ahead and bookmark your site to come back down the road.
    All the best y2yxvvfw cheap flights

  6. Aw, this was an extremely nice post. Taking the time and actual
    effort to make a very good article… but what can I say… I put things off a whole lot and don’t seem to get nearly anything done.

  7. Excellent site you have here but I was curious if you knew of
    any community forums that cover the same topics discussed here?
    I’d really love to be a part of online community where I can get comments from other knowledgeable individuals that share the same interest.
    If you have any suggestions, please let me know.
    Appreciate it!

  8. What’s Taking place i am new to this, I stumbled upon this I’ve discovered It positively helpful and it has helped me out loads.
    I hope to give a contribution & help other users like its helped me.
    Great job. adreamoftrains web hosting company

  9. Howdy! I know this is somewhat off topic but I was wondering which blog
    platform are you using for this site? I’m getting tired of WordPress because I’ve had problems with hackers and I’m looking at alternatives for another platform.
    I would be great if you could point me in the direction of a good platform.

  10. Hi there very cool blog!! Man .. Beautiful .. Superb .. I will bookmark your site and take the feeds additionally?
    I’m happy to seek out so many helpful info right here in the
    post, we’d like work out more strategies in this regard, thanks
    for sharing. . . . . .

  11. Hey! This is kind of off topic but I need some advice from an established blog.
    Is it very hard to set up your own blog? I’m
    not very techincal but I can figure things out pretty quick.

    I’m thinking about making my own but I’m not sure where to start.
    Do you have any points or suggestions? Many thanks

  12. I do accept as true with all of the ideas you have presented to your post.
    They are very convincing and will certainly work.
    Still, the posts are too short for beginners. May
    just you please prolong them a little from subsequent time?

    Thanks for the post.

  13. Does your website have a contact page? I’m having a tough time locating it but,
    I’d like to send you an e-mail. I’ve got some creative ideas for
    your blog you might be interested in hearing. Either way, great site and I look forward
    to seeing it develop over time.

  14. I’m very pleased to uncover this web site. I need to to thank you for your time just
    for this wonderful read!! I definitely enjoyed every bit of it and I have you book-marked to
    see new stuff in your blog.

  15. We’re a group of volunteers and opening a new scheme in our community.
    Your website provided us with valuable information to work on. You’ve done a formidable job and our whole
    community will be thankful to you.

  16. Greate article. Keep writing such kind of info on your blog.
    Im really impressed by it.
    Hey there, You have performed an incredible job. I’ll certainly digg it and in my view suggest to my friends.
    I am confident they will be benefited from this website.

  17. Hi there, I found your website by means of Google whilst looking for a comparable subject,
    your site came up, it seems great. I’ve bookmarked it in my google bookmarks.

    Hello there, just turned into aware of your blog thru Google, and located that it’s truly informative.
    I’m going to be careful for brussels. I’ll be grateful in case you continue this in future.
    Numerous other folks can be benefited from your writing.

    Cheers!

  18. We’re a group of volunteers and opening a new scheme in our community.
    Your website offered us with valuable information to
    work on. You have done a formidable job and our entire community will be grateful to you.

  19. Thanks for ones marvelous posting! I genuinely
    enjoyed reading it, you will be a great author. I will be sure to bookmark your blog and will often come back
    very soon. I want to encourage you to continue your great work, have a nice evening!

  20. Excellent post. I was checking continuously this blog and I am impressed!
    Very useful information specially the final section 🙂 I maintain such information a
    lot. I was seeking this certain information for a long time.
    Thank you and best of luck.

  21. It’s genuinely very complicated in this full of activity life to listen news on Television, so I simply use world wide web for that
    purpose, and take the latest information.

  22. Great post. I was checking continuously this
    blog and I am impressed! Very useful information specially the last part
    🙂 I care for such information a lot. I was seeking this particular
    information for a very long time. Thank you and best of luck.

  23. Good day I am so glad I found your weblog, I really found you
    by error, while I was browsing on Google for something
    else, Anyways I am here now and would just like to say thank you
    for a tremendous post and a all round thrilling blog (I also love the
    theme/design), I don’t have time to go through it all at the moment but
    I have bookmarked it and also added your RSS feeds,
    so when I have time I will be back to read a great deal more, Please do keep up the fantastic work.

Komentar ditutup.

error: Content is protected !!
× Chat Redaksi