Lewat ke baris perkakas

Menjaga Asa Pemuda dalam Membangun Desa

Sapeken-Sumenep, Semangat membangun desa bukan hanya dilihat dari perbaikan jalan ataupun pengadaan sarana prasarana gedung, tetapi juga dilihat dari upaya mengembangkan potensi desa dari segi teknologi dan informasi. Selaras dengan program untuk mewujudkan desa yang mandiri dan berjejaring luas para pemuda juga harus terlibat didalamnya.

Seperti halnya Bung Karno sang plokamator menempatkan pemuda pada garda terdepan. Dengan sebuah kalimat yang pasti kita sudah pernah mendengar ataupun melihatnya.

“Berikanlah aku 1000 orang tua, maka akan aku cabut gunung Semeru, dan berikanlah aku 10 pemuda , maka akan aku guncang dunia,” kata beliau kala itu.

Bagaimana sinergi dalam pembangunan desa?

Begitu banyak peranan pemuda dalam pembangunan desa. Selain dari tenaga dan energi yang masih segar, sumbangsih ide dan pemikran pemuda juga dianggap mampu menciptakan inovasi dalam membangun desa.

Seperti apa arti dan peran pentingnya pemuda ?

Pemuda adalah sumber energi atau kekuatan bagi terbangunnya sebuah peradaban desa. Perannya sangat dibutuhkan guna melejitkan dinamika kehidupan desa. Kata-kata tersebut tidaklah bersandar pada ungkapan tiada makna. Setidaknya, pujian-pujian Bung Karno terhadap pemuda yang bernada optimistis telah mengindikasikan bahwa pemuda memiliki kelebihan tersendiri. Namun kini, tampaknya nada optimisme tersebut mulai sumbang.

Para pemuda yang diharapkan menjadi motor penggerak kemajuan bangsa, adakalanya justru melakukan tindakan-tindakan kurang membangun dan jauh dari nilai luhur nenek moyangnya. Terkubang dalam godaan seks bebas, narkoba, tawuran bermahkotakan anarkisme, dan boros seakan tak cacat manakala dilekatkan pada kehidupan para pemuda. Dengan kata lain, para pemuda tak jarang dipandang sebagai pengusik tatanan hidup dalam bermasyarakat.

GMB sedang membagikan bingkisan sembako kepada warga

Dalam membangun sebuah Desa tugas pemuda tidaklah gampang, karena permasalahan desa yang begitu kompleks pemuda harus mampu menciptakan formula yang tepat agar semangat perubahan dalam membangun desa tidak berbenturan dengan kultur dan adat istiadat desa, bukan tak mungkin permasalahan akan muncul dari para kaum tua desa yang mungkin adanya miss persepsi dengan cita-cita pemuda desa itu sendiri. dalam rangka menjadi penggerak desa pemuda harus mampu bersinergi, bekerja sama, hal itu tidaklah mudah karena akan membutuhkan komitmen yang kuat sebuah kebersamaan yang produktif, bukan hanya istilah makan nggak makan kumpul, tapi lebih dari semua itu untuk sebuah cita-cita luhur membangun desa sebagai langkah awal membangun sebuah peradaban negara, membentuk sebuah organisasi adalah keniscayaan karena dengan organisasi pemuda akan memiliki kendaraan dalam memperjuangkan program – program pembangunan desa.

Organisasi pemuda desa sebagai wahana pengembangan  Sumber Daya Manusia (SDM) yang bermutu dan terarah mendesak digalakkan. Perangkat desa yang selama ini berkesan hanya pembuat surat pengantar administrasi kependudukan akan kuasa melakukan terobosan-terobosan baru dalam memajukan desanya melalui organisasi pemuda desa. Lebih dari itu, keterlibatan pemuda desa yang tergerakkan dalam organisasi akan menjadi kekuatan tak terpatahkan dan mampu menjadi perangsang bagi program kerja yang telah dirumuskan oleh para perangkat desa. Atas dasar itu, pemuda terdidik haruslah berada di garda depan. Dia harus benar-benar menjadi satria pelopor perubahan desa. Ia jugalah yang mesti menjadi teladan bagi para pemuda yang dari segi pendidikannya terbilang rendah. Ketika para pemuda berpendidikan tinggi dengan yang berpendidikan rendah berkumpul dan bersatu dalam sebuah organisasi pemuda desa, akan terjadilah gesekan pembaruan yang tentu sangat bermanfaat bagi masa depan desa.

GMB Sedang membersihkan makam/kuburan

Masalah tidak akan menyerah begitu saja, pemuda harus benar – benar meiliki idealisme yang kuat dalam rangka membangun desanya, pembentukan organisasi bukanlah perkara mudah dibutuhkan semangat persatuan pemuda sehingga terwujud suatu gerakan saling bahu membahu mendirikan sebuah organisasi Karang Taruna, disisi lain dengan munculnya organisasi kepemudaan akan ada masalah baru seperti terkait pengakuan akan eksistensi organisasi itu oleh masyarakat, terarahnya program yang masif untuk pembangunan desa bukan sekedar kegiatan hura – hura semata, pendanaan organisasi sehingga sanggup mencukupi kebutuhan organisasi dalam menajalankan gerakan perubahan untuk desa. Untuk itu perlu diambil langkah – langkah dalam rangka memperkokoh perjuangan pemuda dalam membangun desanya , langkah – langkah yang bisa diambil sebagai berikut :

  1. Bersinergi dengan para sesepuh desa dan perangkat desa.Hal ini sangatlah perlu karena dalam sebuah desa sudah ada tatanan dan perundang – undangan yang mengikat baik tertulis maupun tidak tertulis, keberadaan kaum sesepuh kadangkala akan menjadi penghambat gerakan pemuda jika tidak ada pendekatan humanistis sehingga para sesepuh memahami akan tujuan gerakan kaum muda itu. Keterlibatan perangkat desa sangat membantu jalannya organisasi pemuda sehingga permasalahan yang timbul bisa diselesaikan bersama.
  2. Membentuk organisasi kepemudaan (Karang Taruna) dalam sebuah desa. Membentuk sebuah organisasi tidak hanya berkumpul bersama , melakukan kegiatan bersama tapi lebih dari itu, membentuk organisasi harus memikirkan sistem manajerial dan administrasi yang baik sehingga setiap program – program bisa terarah dan terevaluasi, disamping itu pengakuan organisasi juga diperlukan, organisasi yang baik harus jelas , terdaftar dan di kenal oleh masyrakat. pendaftaran organisasi bisa lewat notaris , pemerintah daerah hingga kementrian hukum dan HAM, atau minimal organisasi disyahkan oleh kepala desa setempat diketahui oleh camat sehingga setiap kegiatan akan dicap legal oleh masyarakat.
  3. Memperkuat unsur pendanaan organisasi. Pendanaan organisasi adalah ruh yang menggerakkan roda organisasi disamping semangat bersatu dan membangun desa, pendanaan bisa diperoleh dari pemerintah desa, pemerintah daerah, iuran anggota atau sumbangan dari pihak – pihak yang independen tanpa unsur yang justru akan merugikan organisasi, sumbangan bisa dari perseorangan maupun institusi, organisasi juga bisa bermitra dengan lembaga – lembaga donatur sosial baik dalam negeri maupun luar negeri, untuk langkah awal pendanaan bisa diperoleh dari iuran anggota dan sumbangan para pemuda atau masyrakat desa lain yang telah berhasil secara ekonomi. Banyak desa yang masyarakat dan pemudanya merantau kelain daerah dengan pendekatan yang baik dipastikan mereka mau membantu jalannya organisasi tersebut bisa dikata sama – sama pemuda dalam desa yang sama yang tinggal didesa menggerakkan organisasi untuk kemajuan desanya dan yang berada di lain daerah membantu secara finansial sehingga semua pemuda bisa membangun desanya.

Membangun sebuah desa adalah kewajiban pemuda, dengan bersatu dalam naungan organisasi yang dibangun atas rasa kebersamaan yang akan menumbuhkan semangat yang luar biasa. untuk mewujudkan semua itu pemuda atau organisasi pemuda harus mampu membuat peta jalan ( Road Map ), semacam grand desain agar program pembangunan desa oleh pemuda bisa berjalan maksimal dan bermanfaat buat masyarakat, dan yang terpenting mampu merangkul semua elemen desa untuk berjuang bersama-sama pemuda membangun desa itu sendiri, karena pemuda tidak akan mampu berjalan sendiri.

Dalam artikel ini penulis mengibaratkan membangun sebuah desa ibarat kita pergi kesuatu tujuan dengan kendaraan yang kita cintai, Sopirnya adalah Pemuda, kendaraanya adalah organisasi kepemudaan yang kita bentuk, jalannya adalah suatu upaya pembangunan sebuah desa dan tujuannya adalah mewujudkan Desa mandiri yang mampu jadi harapan masyarakatnya, sebuah desa yang memiliki ekonomi yang bagus, Kesehatan yang baik dan infrastruktur yang menunjang perekonomian, sehingga para generasi muda tidak harus pergi ke daerah lain atau luar negeri untuk memenuhi kebutuhan ekonominya. oleh karena itu kita harus membicarakan peta jalan ( Road Map )untuk mencapai tujuan itu. ada beberapa strategi  atau langkah – langkah untuk membuat  road map pembangunan desa, antara lain :

1. Mengetahui permasalahan yang muncul di desa kita.

Untuk melangkah dalam membangun desa kita harus memetakan permasalahan apa saja yang terjadi didesa kita baik dari sisi Ekonomi , Budaya dan adat istiadat, Kesehatan, Kultur masyarakat dan Infrastruktur desa penunjang semua sisi sebelumnya. Kita ambil contoh dalam bidang Infranstruktur desa kurangnya sarana pengarus utamaan pemuda seperti sarana olah raga, susahnya mencari ruang kreatif dll sehingga  kesulitan melahirkan komunitas kegiatan positif pemuda. Dibidang kesehatan banyaknya angka kematian usia muda , Banyaknya penyakit, mewabahnya virus HIV dan AIDS di desa kita dll. Di bidang ekonomi misalnya susahnya mencari lapangan pekerjaan, pertanian yang merosot, tidak adanya terobosan sektor ekonomi baru untuk dijadikan lapangan pekerjaan. dan masih banyak masalah yang perlu kita gali dan kita petakan mana yang akan jadi perioritas yang akan kita selesaiakn terlebih dahulu.

2.Menyiapkan Konsep atau solusi permasahan

Setelah beragam permasalahan kita kumpulkan dan kita list secara skala prioritas saatnya kita mencoba menguaraikan masalah itu dan mencari alternatif penyelesaian masalah itu.misalnya Masalah ekonomi dimana lapangan pekerjaan susah  dicari, kita harus menemukan alternatif lapangan pekerjaan baru atau meningkatkan kualitas peluang usaha yang sudah ada, seperti mendorong BUMDes sebagai entry point menciptakan peluang usaha bersama sektor usaha kecil dan menengah atau sektor jasa jika memang pasarnya besar dengan melibatkan jejaring desa sebagai captive market dan pemuda sebagai penggerak unit usahanya.

3. Menyiapkan Pelaku dan Pendanaan

Setelah , masalah ketemu dan solusi pemecahan masalah kita dapat saatnya kita menyiapkan pelaku dan dari mana biaya untuk mewujudkan cita – cita dan menjalankan solusi pemecahan maslah didesa. Pelaku kegiatan selain pemuda yang ada didesa sebagai motor penggerak juga harus ada para ahli dibidangnya seperti konsultan dibidang teknologi, kewira usahaan, pertanian, perikanan, kesehatan dll, untuk merekut mereka kita harus mendata potensi sumberdaya manusia yang ada didesa kita dan mencari relawan yang mau membantu.

Banyak organisasi diluar kita yang mempunya visi misi pembangunan desa. selain itu dalam hal pendanaan bisa dibentuk Bank desa dimana anggotanya adalah semua masyrakat desa dan pengelolanya juga masyarakat desa itu dan orientasi keuangannya untuk permodalan ekonomi dan kegiatan sosial desa itu sendiri, Bisa juga dengan dibentuk Badan Usaha milik desa ( BUMdes ) dimana badan usaha tersebut mengelola aset desa dan masyarakat sehingga hasilnya bisa digunakan untuk mewujudkan pembangunan desa itu. Bumdes bisa mengelola tanah – tanah desa yang tidak terpakai , lahan – lahan produktif, menjadi penggerak UKM – UKM dalam hal pemasaran dll, bisa juga bekerja sama dengan badan – badan / lembaga – lembaga pendanaan bisa dari Lembaga swadaya masyarakat, NGO ( Non Goverment Organizations ) baik dalam negeri maupun NGO asing, dan dari pendanaan pemerintah dan dana dari luar negeri yang bermitra dengan program pemerintah.

4. Membentuk tim penggerak pembangunan desa.

Hal terpenting lainnya adalah menyiapkan tim penggerak sebagai alat untuk berjuang mewujudkan cita – cita itu. Dengan adanya organisasi / tim yang legal, maka dalam hal pendekatan kepada masyarakat atau menghimpun mereka akan lebih mudah, bisa bekerja sama denga pemerintah desa, dan bisa berhubungan dengan organisasi – organisasi diluar yang mempunyai visi misi yang sama, karena saat ini banyak sekali organisasi diluar baik nasional maupun International yang bisa mengucurkan dana untuk pembangunan sektor perdesaan, dengan organisasi yang legal maka pergerakan pemuda dalam membangun desa akan lebih masif dan terarah. Dalam membentuk tim ini pemuda dengan organisasinya harus mampu merangkul semua elemen masyarakat, semua harus dilibatkan, pemerintah desa dan masyarakat harus mampu memberi kontribusi bagi tim penggerak. Tim penggerak pembangunan desa harus mampu membuat program – program berdasarkan pada permasalahan yang ada di desa dan konsep serta solusi yang telah di tentukan bersama, program haruslah terarah, terukur dan transparan.

Desa yang maju adalah harapan semua masyarakat, desa madani adalah awal peradaban bangsa yang madani, maka pemuda adalah harapan sebuah kemajuan desa dan bangsa pada umumnya. Indonesia bangkit pemuda membangun negeri.

Pewarta : Ghozi Ahmad

Editor : Prabu Siliwangi

40 thoughts on “Menjaga Asa Pemuda dalam Membangun Desa

  • Avatar
    Agustus 31, 2020 pada 5:45 pm
    Permalink

    Amazing blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere?

    A design like yours with a few simple adjustements would really make my blog stand
    out. Please let me know where you got your design. Many thanks

  • Avatar
    Agustus 31, 2020 pada 1:59 pm
    Permalink

    Hello there! This post couldn’t be written much better!
    Looking through this post reminds me of my previous roommate!
    He continually kept talking about this. I most certainly will send this post
    to him. Fairly certain he will have a very good read. I appreciate you for sharing!

  • Avatar
    Agustus 31, 2020 pada 4:34 am
    Permalink

    Hi, i think that i saw you visited my web site so i came to “return the
    favor”.I am trying to find things to enhance my web site!I suppose its ok to use
    a few of your ideas!!

  • Avatar
    Agustus 28, 2020 pada 1:02 pm
    Permalink

    Heya i am for the primary time here. I came across this board
    and I to find It truly helpful & it helped me out a lot.
    I hope to give one thing again and help others like you helped me.

  • Avatar
    Agustus 28, 2020 pada 12:01 pm
    Permalink

    of course like your web site however you need to test the spelling on several of your posts.
    Many of them are rife with spelling issues
    and I to find it very bothersome to tell the truth on the other hand I will
    surely come back again.

  • Avatar
    Agustus 27, 2020 pada 9:51 pm
    Permalink

    I feel that is among the most vital information for me.
    And i am glad reading your article. However should statement on few general issues, The website
    style is ideal, the articles is truly excellent
    : D. Good activity, cheers

  • Avatar
    Agustus 26, 2020 pada 6:35 pm
    Permalink

    You need to take part in a contest for one of
    the greatest websites online. I am going to highly
    recommend this blog! 32hvAj4 cheap flights

  • Avatar
    Agustus 25, 2020 pada 8:14 pm
    Permalink

    I used to be recommended this website by means of my cousin. I am now not
    positive whether this put up is written via him as no one else recognise such particular about my trouble.
    You’re amazing! Thank you!

  • Avatar
    Agustus 25, 2020 pada 4:02 pm
    Permalink

    When I initially commented I clicked the “Notify me when new comments are added” checkbox and now each time
    a comment is added I get three emails with the same comment.
    Is there any way you can remove people from that service?
    Thank you! 31muvXS cheap flights

  • Avatar
    Agustus 14, 2020 pada 2:10 pm
    Permalink

    Please let me know if you’re looking for a author for your weblog.

    You have some really great posts and I feel I would be a good
    asset. If you ever want to take some of the load off, I’d absolutely love to write some material for your blog in exchange for a link back to mine.

    Please blast me an email if interested. Kudos!

  • Avatar
    Agustus 14, 2020 pada 7:34 am
    Permalink

    Fantastic goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to and you’re just extremely magnificent.
    I really like what you have acquired here, certainly like what you are stating and
    the way in which you say it. You make it entertaining and you still care for to keep it
    sensible. I cant wait to read far more from you. This is really
    a wonderful site.

  • Avatar
    Agustus 13, 2020 pada 9:43 pm
    Permalink

    Can I simply say what a relief to uncover somebody that truly
    knows what they are talking about online. You actually realize how to bring
    a problem to light and make it important.
    More and more people must check this out and understand this side of
    your story. I can’t believe you are not more
    popular since you surely have the gift.

  • Avatar
    Agustus 10, 2020 pada 11:27 pm
    Permalink

    I really love your blog.. Very nice colors & theme.
    Did you make this site yourself? Please reply back as I’m trying to create my own site
    and want to find out where you got this from or exactly what the theme is called.

    Kudos!

  • Avatar
    Agustus 10, 2020 pada 5:37 am
    Permalink

    It’s remarkable in support of me to have a web page, which is valuable in support of my
    know-how. thanks admin

  • Avatar
    Agustus 7, 2020 pada 12:18 pm
    Permalink

    Every weekend i used to go to see this web page,
    as i want enjoyment, as this this web site conations in fact nice funny material too.

  • Avatar
    Agustus 6, 2020 pada 5:00 pm
    Permalink

    Its like you read my mind! You appear to know a lot about
    this, like you wrote the book in it or something.

    I think that you can do with a few pics to drive the message home
    a bit, but other than that, this is wonderful blog. A great read.
    I’ll definitely be back.

  • Avatar
    Agustus 6, 2020 pada 10:54 am
    Permalink

    Hi there, You have done an excellent job. I’ll definitely digg it and personally suggest to my friends.
    I’m confident they will be benefited from this web site.

  • Avatar
    Agustus 5, 2020 pada 8:04 pm
    Permalink

    Oh my goodness! Awesome article dude! Thanks, However
    I am having troubles with your RSS. I don’t know why I can’t
    subscribe to it. Is there anybody else getting identical RSS problems?
    Anyone that knows the answer will you kindly respond?

    Thanks!!

  • Avatar
    Agustus 5, 2020 pada 2:55 pm
    Permalink

    This page definitely has all the information I needed about this subject and didn’t know who to ask.

  • Avatar
    Juli 30, 2020 pada 12:58 pm
    Permalink

    Thanks to my father who shared with me concerning this website, this weblog is genuinely
    awesome. adreamoftrains best web hosting

  • Avatar
    Juli 27, 2020 pada 11:08 am
    Permalink

    An intriguing discussion is worth comment.
    There’s no doubt that that you need to write more about this subject, it might not be a
    taboo subject but typically people do not talk about these issues.
    To the next! Best wishes!!

  • Avatar
    Juli 26, 2020 pada 8:09 pm
    Permalink

    Right here is the right webpage for anybody who really wants
    to understand this topic. You realize a whole lot its almost hard to argue with you (not
    that I actually will need to…HaHa). You definitely put a new spin on a topic that’s
    been written about for many years. Excellent stuff, just great!

  • Avatar
    Juli 25, 2020 pada 11:51 pm
    Permalink

    Does your site have a contact page? I’m having problems locating it but, I’d like to send you an email.
    I’ve got some ideas for your blog you might be interested in hearing.
    Either way, great website and I look forward to seeing it improve over time.

  • Avatar
    Juli 22, 2020 pada 11:26 pm
    Permalink

    Hello superb blog! Does running a blog like this
    take a great deal of work? I’ve absolutely no understanding of
    coding however I had been hoping to start my own blog in the near future.
    Anyway, should you have any suggestions or tips for new blog owners please share.
    I know this is off topic however I simply had to ask.
    Thanks a lot!

  • Avatar
    Juli 21, 2020 pada 10:35 pm
    Permalink

    This is a topic which is close to my heart…
    Many thanks! Exactly where are your contact
    details though?

  • Avatar
    Juli 18, 2020 pada 5:37 am
    Permalink

    Hi to all, the contents present at this web page are genuinely amazing for people knowledge, well, keep up the nice work fellows.

  • Avatar
    Juli 17, 2020 pada 7:45 pm
    Permalink

    I’m really loving the theme/design of your blog.
    Do you ever run into any browser compatibility issues?
    A small number of my blog readers have complained about my blog not working correctly in Explorer but looks great in Firefox.
    Do you have any recommendations to help fix this issue?

  • Avatar
    Juli 16, 2020 pada 1:24 pm
    Permalink

    Hello There. I found your blog the usage of msn. That is a
    very well written article. I’ll make sure to bookmark it and come back to learn extra of your useful information.
    Thank you for the post. I will definitely comeback.

  • Avatar
    Juni 29, 2020 pada 9:47 am
    Permalink

    You ought to be a part of a contest for one of the most useful
    blogs on the web. I will highly recommend this blog!

  • Avatar
    Juni 27, 2020 pada 6:50 pm
    Permalink

    I think the admin of this web page is genuinely working
    hard in support of his web page, as here every data is quality based data.

  • Avatar
    Juni 27, 2020 pada 5:15 pm
    Permalink

    I constantly emailed this blog post page to all my contacts,
    since if like to read it afterward my links will too.

  • Avatar
    Juni 27, 2020 pada 5:02 pm
    Permalink

    I was wondering if you ever considered changing the layout of your website?
    Its very well written; I love what youve got to say.
    But maybe you could a little more in the way of content so
    people could connect with it better. Youve got
    an awful lot of text for only having one or 2 pictures.
    Maybe you could space it out better?

  • Avatar
    Juni 26, 2020 pada 6:43 pm
    Permalink

    I constantly spent my half an hour to read this blog’s content all the time along with a
    cup of coffee.

  • Avatar
    Juni 26, 2020 pada 7:54 am
    Permalink

    I read this paragraph completely about the difference of hottest and earlier technologies, it’s
    amazing article.

  • Avatar
    Juni 22, 2020 pada 1:20 am
    Permalink

    I’m truly enjoying the design and layout of your website.
    It’s a very easy on the eyes which makes it much
    more enjoyable for me to come here and visit
    more often. Did you hire out a developer to create your theme?
    Exceptional work!

  • Avatar
    Juni 21, 2020 pada 7:29 pm
    Permalink

    I read this piece of writing fully concerning the comparison of
    most up-to-date and preceding technologies, it’s awesome article.

  • Avatar
    Juni 21, 2020 pada 5:08 am
    Permalink

    I don’t even know how I ended up here, but I thought this post was great.
    I don’t know who you are but certainly you are going to a famous blogger
    if you aren’t already 😉 Cheers!

  • Avatar
    Juni 20, 2020 pada 5:00 am
    Permalink

    I just like the valuable info you provide for your articles.
    I’ll bookmark your blog and take a look at again right here regularly.
    I am fairly sure I’ll learn a lot of new stuff right here! Best of luck for the next!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!
Silakan kirim chat
1
Silakan Chat
Untuk Informasi seputar Bajau, Silakan Chat kami...Sallah Pasidakauang,,,(Salam Persatuan)