Suku Bajau, Sang Aquaman Dunia Nyata

Avatar

BAJAUINDONESIA.COM: Sosok Aquaman, superhero yang diperankan oleh Jason Momoa itu berhasil memikat perhatian penikmat film. Nggak cuma tampan dan badan yang seksi, tapi keahliannya sebagai penguasa lautan juga menarik untuk diikuti kisahnya. Tapi Aladiners tau nggak kalo di dunia nyata, Aquaman itu beneran ada, lho!

Sebuah suku bernama Bajau belakangan ini mencuri perhatian khalayak luas. Soalnya, suku tersebut persis seperti Aquaman! dilansir oleh blog.misteraladin.com

banner 325x300

Baca juga: DUATA MANDI MAYAH :RITUAL PENGOBATAN ALTERNATIF SUKU BAJAU

Baca juga: Erni Bajau Melakukan Sosialisasi Pentingnya Pendidikan ke Desa Bajau Sulaho Kabupaten Kolaka Utara

Baca juga: Suku Bajau Menyelam Hingga 70 Meter Tanpa Alat Bantu Karena Memiliki Gen Khusus

Baca juga: Asal-usul Orang Bajau Penamaan Bajo dan Bajau, serta Pemertahanan Bahasa Bajau (Kajian Sosiolingistik)

BACA JUGA:  Kepercayaan dan Adat Suku Bajau

Genpi.com juga melansir bahwa sebagai orang Indonesia, kita patut berbangga karena negara kita punya banyak kekayaan. Dari destinasi wisata, kuliner hingga suku-suku yang memiliki keunikan tersendiri. Salah satu suku yang unik dan tangguh dari Indonesia adalah Suku Bajau, yang mirip seperti karakter Aquaman, tokoh superhero dari DC Comics.

Dikatakan mirip seperti Aquaman, bukan karena suku ini berbadan besar dan berotot seperti Jason Momoa (aktor pemeran tokoh Aquaman), melainkan karena kehidupannya yang dekat dengan laut dan keahliannya dalam menyelam.

Potret kehidupan Suku Bajau yang dekat dengan laut. (Foto: Secience Magz).
Potret kehidupan Suku Bajau yang dekat dengan laut. (Foto: Secience Magz).

Suku Bajau dikenal sebagai pengembara laut yang menggunakan perahu untuk menangkap ikan dan menyelam bebas dengan tombak. Mereka juga dikenal sebagai ‘manusia laut’ atau ‘manusia ikan’, karena kehidupannya yang sangat bergantung dengan laut. Suku Bajau hidup secara nomaden di sekitar perairan Indonesia, yakni di pesisir Pulau Sulawesi dan Kalimantan.

BACA JUGA:  Tradisi dan Makna-Makna Simbolik BUSANA ADAT MASYARAKAT BAJAU INDONESIA

Dilansir dari National Geographic, masyarakat Bajau bisa bertahan di dalam air hingga 13 menit dengan kedalaman yang cukup ekstrem, yakni sekitar 60 hingga 80 meter. Kemampuan Suku Bajau untuk berenang dalam waktu lama tanpa bantuan alat pernapasan dan alat selam modern pun membuat para ilmuwan bingung sekaligus kagum.


Sumber foto: ichef.bbci.co.uk/wwfeatures/wm/live/1280_720/images/live/p0/2b/vj/p02bvjb9.jpg

Dilansir dari goodnewsfromindonesia.com, tim ilmuwan dari Copenhagen University melakukan sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Cell. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa orang Bajau memiliki impa yang lebih besar daripada ukuran normal yang dimiliki manusia pada umumnya, sehingga mereka mampu untuk menahan nafas cukup lama di dalam air. Limpa adalah organ tubuh yang berfungsi sebagai “tabung oksigen” untuk darah manusia.

BACA JUGA:  Meluruskan Jalan, Menghadirkan Keadilan

Dilansir dari www.genpi.com judul asli: Suku Bajau, Aquaman dari Indonesia

Reporter: Yasserina Rawie

Redaktur: Cahaya

error: Content is protected !!