Suku Bajau dan Perkampungannya di Wakatobi

Prabu Siliwangi

Bajauindonesia.com- Suku Bajo disebut sebagai Orang Laut, Sama Bajau atau lebih sering dikenal dengan manusia Gipsy Sea, Mereka terbilang unik. Tidak sedikit yang menyebut mereka primitif, Tapi, mereka memiliki ilmu dan pengetahuan navigasi laut yang sangat maju.

Suku Bajo terkenal sebagai pelaut ulung dan tinggal tersebar di berbagai pelosok Indonesia, dari Sulawesi hingga Papua, dan NTT, Sebagian juga suku ini tersebar di Filipina dan Malaysia.

banner 325x300

Sebagian besar ada di perairan Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Nusa Tenggara (Lombok, Flores, Sumba, Sumbawa), Jambi, Jawa timur, Kalimantan selatan, kalimantan timur, kalimantan barat dan Riau.

Dari banyaknya tempat yang pernah mereka tinggali, dapat disimpulkan bahwa Suku Bajo memang dulunya hidup dengan cara nomaden. Itulah mengapa mereka tersebar di beberapa daerah di Indonesia bahkan sampai Malaysia dan Filipina.

BACA JUGA:  Tonton: Status Terakhir FBnya Menyayat Hati. CICAR Ketua POSBI Desa Langara Bajo Berpulang

Salah satu kehidupan Suku Bajo yang cukup tersorot adalah Suku Bajo yang tinggal di kawasan Kabupaten Wakatobi. Beberapa desa yang dihuni oleh Suku Bajo di Wakatobi yaitu Desa Bajo Mola, Desa Bajo Mantigola dan Desa Bajo Sampela.

Sudah banyak wisatawan lokal & mancanegara yang ramai mengunjungi desa-desa tersebut untuk melihat & berkenalan langsung dengan Suku Bajo. Rumah-rumah seperti tertancap di laut, rapi dan memanjang menyusuri pantai. Sungguh, pemandangan yang menjadi ciri khas dari desa-desa ini.

Masyarakat Suku Bajo tinggal di dalam Rumah Tanjap yang dibangun di atas timbunan karang dan terhubung dengan jembatan yang terbuat dari kayu. Jembatan ini menjadi penghubung mereka ke daratan.

BACA JUGA:  Jembatan Rusak Parah, Pemerintah Tidak Peduli

Ini yang membuat mereka seakan terasing dari masyarakat pulau yang berada di daratan. Namun, kehidupan mereka tetap harmonis dan bersih.

Keramahan masyarakat Suku Bajo membuat Anda merasa sangat diterima jika berkunjung ke sini. Keramahan anak-anak hingga orang dewasa Suku Bajo tidak akan terlupakan ketika mendatangi suku ini. Bahkan, anak-anak Suku Bajo tidak ragu mengajak kita untuk berfoto bareng.

Bagi kalian yang sedang merencanakan liburan ke Wakatobi, kalian wajib banget mengunjungi perkampungan Suku Bajo ya. Yakin gak bakal nyesel.

Buat kalian yang penasaran atau lagi cari-cari informasi seputar Wakatobi, mulai dari objek wisata, akomodasi, hingga kulinernya, kalian wajib banget follow dan pantengin terus sosial media dan WebMedia bajauindonesia.com, Jangan lupa buat share ke teman-teman kalian biar makin banyak yang tau kalo destinasi pariwisata Indonesia itu keren-keren banget .

BACA JUGA:  KMB Berbagi Sembako H-1 Idul Fitri 1444 Hijriah

Editor : Prabu Siliwangi Sumber Twitter : Marvelous Wakatobi

error: Content is protected !!