Pelaksanaan Idul Fitri 1444 H/2023 M, Di Masjid AN-NUR Mantigola Desa Horuo

Potret Foto Masjid AN-NUR Mantigola Desa Horuo

Kegiatan pelaksanaan sholat idul fitri 1444 H/2023 M, tahun ini dilaksanakan di Masjid AN-NUR  Desa Horuo Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi tenggara padahal biasanya setiap idul fitri sering dilakukan sholat berjamaah di lapangan bola desa Horuo dengan menggabungkan 2 Desa yaitu Desa Mantigola dengan Desa Horuo.

Dikeluarkan Surat Keputusan Camat Kaledupa Nomor : 09 Tahun 2023, Tanggal 13 April 2023 Tentang Penunjukan Imam, Khatib dan Lokasi Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1444 H/2023 M di wilayah Kecamatan Kaledupa dimana pelaksanaan sholat idul fitri 1444 H dilakukan di Mesjid masing-masing desa.

banner 325x300

” Idul fitri tahun ini adalah sangat berkah buat masyarakat bajau mantigola karna yang bertugas pada sholat idul fitri yaitu sebagai imam Ustadz Tarto beliau dari Alumni Pondok Pesantren Darul Mukhlisin Kota Kendari, Alumni pondok pesantren Rumah Tahfidz Qur’an Pekan baru dan sekarang masih aktif sebagai Santri di Pondok Pesantren Manhalul Qur’an Jakarta Pusat dan beliau adalah Hafidz Qur’an 30 Juz dan kemudian yang bertugas sebagai Khatib yaitu Saudara Basteng, S.Pd.,M.Pd beliau juga Alumni Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Al-Janah Kota Kendari, Alumni dari Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Al-Kausar jakarta Selatan, Alumni Pondok Pesantren Darul Amanah Bandung Barat, Alumni Lembaga Pendidikan Bahasa Arab di Kediri Jawa Timur, Alumni Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris di Pare Jawa Timur, Pendidikan SI di Kampus IAIN Kendari dan Pendidikan Magister di Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, beliau adalah Hafidz Qur’an 30 Juz.

BACA JUGA:  Anda Orang Bajau? Silakan Isi Formulir Data Diri Anda di Sini!

“Masyarakat bajau mantigola sangat bersyukur bahwa idul fitri tahun ini pelaksanaan kegiatan dilakukan di masjid tersebut mengingat hujan sering turun dan bahkan masyarakat tidak lagi berjalan kaki ke darat untuk sholat idul fitri di lapangan bola desa horuo karna jarak antara Mantigola ke Umala sekitar 2 Kilo selain itu idul fitri tahun ini merupakan momen yang paling istimewa karna  masyarakat sangat bersyukur bahwa yang menjadi Imam dan Khatib adalah Hafidz Qur’an 30 Juz sehingga menjadikan motivasi bagi orang tua untuk mendorong anak-anak bajau sebagai generasi yang akan datang untuk melanjutkan pendidikan ke pondok pesantren maupun ke kampus yang bernuansa islam. Katanya Pak Landu, 22 April 2023.

BACA JUGA:  PENYALURAN BLT-DD TAHAP I, DI KAMPUNG BAJAU MOLA DESA MOLA BAHARI, WAKATOBI

Basteng, S.Pd.,M.Pd. Khatib Idul Fitri 1444 H

“Menurutnya, sebulan berpuasa telah memberi pesan bahwa umat islam harus lebih bersabar dan mengokohkan iman bahwa Allah adalah maha besar yang bisa mengubah segala isi yang ada di alam semesta ini.

“Bulan puasa adalah bulan yang penuh rahmat, bulan penuh ampunan, bulan yang paling mulia mari dibulan ini jangan kita sia-siakan dengan hal keburukan.

“Hikmah dari puasa adalah takwa, tentu idealnya kaum muslim menjadi orang-orang yang taat kepada Allah swt tak hanya pada bulan Ramadhan saja. Juga tidak hanya dalam tataran ritual dan individual semata. Ketakwaan kaum muslim sejatinya terlihat juga diluar bulan ramadhan sepanjang tahun.

BACA JUGA:  HUT Konut Ke-13 Masyarakat Bajau Ucapkan Terima Kasih kepada Pemerintah Kabupaten Konawe Utara

“Momentum hari raya Idul Fitri Insya allah telah melahirkan kembali banyak umat islam yang memiliki kadar keimanan dan ketaatan kepada Allah SWT yang tinggi. Ini menjadi modal bagi terbitnya fajar kemenangan islam di muka bumi ini.

error: Content is protected !!