TARA’JON JAJANAN MASYARAKAT SAPEKEN DAN SEKITARNYA

Ghozi Ahmad
Tara’jon adalah makanan khas suku bajo yang ada di kepulauan sapeken

Bajauindonesia.com-Tara’jon, jajanan tradisional asal kampung halaman yang ada di ujung paling timur gugusan pulau madura, pulau sapeken. Sama persis seperti jajanan orang makassar karena memang asal muasal nenek moyang orang sapeken dari Sulawesi selatan sana. Hanya saja kalau orang makassar jajanan ini di sebut Tara’jong. Sedangkan orang bugis bilangnya Tarajju’. Beda pelafalan ya hehehe… Selain itu beda bahan juga sih. Tapi secara umum sama.

BACA JUGA:  Masyarakat Sapeken adalah Suku Bajo Darat

Tara’jon ini bahan dasarnya dari sukun yang di haluskan. Kalau orang makassar bikinnya dari ubi jalar ada juga yang pakai ubi kayu.

banner 325x300

Buatnya gampang banget, Sukun dikukus kemudian di haluskan. Pastikan pakai sukun yang sudah matang/tua, tapi juga gak tua banget biar gak lembek, Setelah itu, bentuk bulat dan pipihkan lalu digoreng dengan larutan tepung beras seperti kalau lagi buat pisang goreng. Kalau mau manis bisa tambahkan gula saat proses menghaluskan sukunnya. Tapi ada juga yang lebih suka menambahkan parutan kelapa (tanpa gula) agar lebih gurih.

BACA JUGA:  Sejarah Serta Perjalanan Para Ulama dan Para Tokoh Di Pulau Sapeken Sumenep Jawa Timur

Kalau mau lebih kriuk kriuk hehehe begitulah bahasanya, bisa tambahkan sedikit air kapur pada larutan tepung berasnya.

Terimakasih, Semoga Bermanfaat

( Ghozi Ahmad )

error: Content is protected !!