oleh

Pasar Terapung, hanya Ada di Bajo Mantigola

Warga Suku Bajo Mantigola memunyai sumber pendapatan hasil laut tiap hari. Setiap hari, hasil laut yang diperolehnya diperjualbelikan ke pasar.

Pasar yang ditempati atau digunakan oleh warga Suku Bajo adalah pasar yang tidak seperti pasar lainya.

Seperti, pasar Sentral Mola atau pasar yang Ada di Tomia.

Pasar itu merupakan rumah adat yang dipakai oleh masyarakat Bajo untuk digunakannya agar perekonomian Mereka semakin membaik dengan adanya pasar tersebut.

Adanya pasar itu, maka masyarakat Bajo Mantigola merasa terbantu sekali dengan hadirnya barang-barang dagangan. Orang Bajo ketika hendak membeli sesuatu maka mereka tinggal datang di pasar tersebut.

Begitu juga dengan orang darat atau warga Buton yang tinggal di daratan Kaledupa. Mereka merasa terbantu juga dengan kehadiran pasar itu yang baru saja digunakan oleh masyarakat Bajo, ketika Mereka membutuhkan ikan, maka mereka tinggal mengunjungi pasar terapung tersebut.

Tidak sulit lagi mencari ikan kalau sore-sore. Biasanya kalau sudah melewati waktu ashar, maka sangat susah kita cari ikan. Dan alhamdulillah sekarang adanya pasar ini maka kami tinggal datang di sini saja, ujar Bu Windi, (Minggu, 17/12).