Organisasi Pemuda Bajau IPML Gelar Literasi Anak Laut

Avatar

Literasi Anak Laut

Ikatan Pelajar Mahasiswa Laluin ( IPML )_Rencananya akan menggelar agenda literasi di Desa Laluin, Kecamatan Kayoa Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, pada Jumat 14 Februari 2020, pekan depan.

banner 325x300

Rifandi R H. Basri, selaku Ketua Umum Ikatan Pelajar Mahasiswa Laluin ( IPML ) sekaligus inisiator kegiatan, kepada wartawan, mengatakan bahwa kegiatan Literasi Anak Laut, merupakan sebuah perwujudan riil dari para generasi milenial yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Mahasiswa Laluin ( IPML ) untuk mewujudkan cita – cita bangsa, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Lebih lanjut, Rifandi mengatakan lagi bahwa realitas berbicara bahwasanya, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa adalah dengan membaca. Sebab membaca adalah kunci membuka pintu serta jendela dunia. Meminjam bahasanya bu Sofi salah satu penulis buku bahwa “ dengan membaca, kita akan mengenal dunia, dan dengan menulis, dunialah yang akan mengenal kita ”, tambahnya.

BACA JUGA:  Info: Galang Dana LDK Pelajar, Pemuda, Mahasiswa Bajau (IPPMB) Sul-Tra

Adapun Literasi Anak Laut, lanjut Dandi, begitu sapaan akrabnya, yang kemudian menjadi pilihan sebagai tema besar dalam kegiatan ini, dikarenakan, kegiatan tersebut berpusat di Desa Laluin. Yang mana, Desa Laluin adalah salah satu desa terpencil di dataran Halmahera Selatan, yang kedudukannya berada di atas Laut dan dikelilingi oleh pulau – pulau kecil di sekitarnya.

Dalam kesempatan yang lain, Riski Awat selaku ketua panitia mengatakan bahwa Laut selalu akrab dengan orang – orang laluin. Itulah sebabnya, sehingga kita secara kolektif menyepakati bahwa Literasi Anak Laut menjadi pilihan utama dalam menjadikannya sebagai tema besar dalam kegiatan yang sederhana ini, yang insya Allah dilaksanakan pada jumat, 14 Februari 2020 pekan depan nanti.

BACA JUGA:  Nasir Nasire: Sukseskan Literasi Anak Laut

Kegiatan literasi ini, lanjut Riski, diorientasikan dan diperioritaskan kepada para pelajar yang berasal dari desa Laluin, mulai dari tingkat SD sampai SMA. Selain itu, kegiatan tersebut pun tidak hanya berkutat pada bagaimana kita membudayakan dunia baca, tapi juga disertai dengan meningkatkan semangat menulis bagi para pelajar tersebut, sebagai bentuk dari makna literasi itu sendiri, jelas Riski.

Nah, agar tidak simpang siur dan rancuh, tambah Riski, maka dalam kegiatan tersebut, panitia tidak hanya memberikan kesempatan membaca dan menulis bagi para pelajar di sana begitu saja. Panitia juga alhamdulillah, telah mengundang beberapa Narasumber dari berbagai kalangan Organisasi Kemahasiswaan. Di antaranya, ketua Umum HMI Cabang Ternate beserta ketua Umum Cabang dari PMII, GMNI dan GAMKI, guna memberikan pencerahan bagi para pelajar tersebut, bagaimana harusnya membaca dan menulis yang baik, sebagai bentuk realisasi dari dunia literasi yang seharusnya.

BACA JUGA:  Ingin Jadi Ketua POSBI di Desa Anda? Daftar Sekarang!

Para narasumber tersebut nanti akan memberikan materinya seputar dunia literasi, guna memberikan pemahaman kepada para pelajar dalam mengaplikasikan dunia litersi dalam kehidupan sehari – hari sebagaimana mestinya.

Rencananya, Literasi Anak Laut ini akan berlangsung selama kurang lebih dua hari, dimulai pada Jumat 14 Februari samapi Minggu 16 Februari 2020 dan bertempat di Desa Laluin, Kecamatan Kayoa Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, tutup Riski.

error: Content is protected !!