BERITA  

“Ayo Kuliah” POSBI Menjadi Fasilitator Calon Mahasiswa Bajau Daftar KIP-Kuliah, Dikawal Sampai Masuk Perguruan Tinggi

Avatar
BAJAUINDONESIA.COM: Program KIP-Kuliah yang diluncurkan pemerintah disambut baik oleh organisasi nasional masyarakat Bajau di Indonesia POSBI – Persatuan Orang Sama Bajau Indonesia. Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang diluncurkan Presiden Joko Widodo merupakan bukti kehadiran negara untuk membantu warganya memperoleh hak pendidikan hingga bangku kuliah. Negara hadir untuk mendukung generasi muda, calon pemimpin masa depan, yang berpotensi tetapi membutuhkan dukungan finansial agar dapat memiliki akses yang sama untuk mendapatkan pendidikan tinggi. Kendala yang dialami oleh calon mahasiswa masyarakat Bajau yang ada di daerah diantaranya; Kurangnya akses informasi karena jarak wilayah yang jauh dari pusat kota, tidak ada jaringan internet, tidak memeliki HP, belum masuk saluran litrik, dan terbatasnya perangkat yang digunakan untuk meng-upload (mengunggah) dokumen persyaratan KIP-Kuliah, maka POSBI berinisiatif menjadi Fasilitator bagi calon mahasiswa lulusan tahun 2019, 2020. dan 2021 membantu melakukan proses Pendaftaran KIP-Kuliah POSBI tidak hanya memfasilitasi agar berhasil dalam proses pendaftaran KIP, tetapi juga mengawal para mahasiswa Bajau sampai masuk ke Perguruan Tinggi yang ditujunya.
BACA JUGA:  Tempat Objek Wisata di Bangkep Perlu Pembenahan (Pamannang Wisata ma Bangkep Perlu Dipakkialak)
“Bagi seluruh mahasiwa Bajau yang ingin mendaftar kuliah namun terkendala biaya, KIP-Kuliah ini adalah peluang yang harus kita ambil, program ini pasti sangat membantu adek-adek kita di daerah yang terancam tidak kuliah karena biaya kuliah dan biaya biaya hidup yang tidak sedikit, mari kita daftarkan anak-anak kita, adek-adek kita KIP-Kuliah, anak-anak Bajau harus kuliah dan melanjutkan studinya, apalagi POSBI dalam memfasilitasi proses ini tidak dipungut biaya sepeser pun” Ungkap Ketua Umum POSBI, Erni Bajau saat ditemui di Kantor DPP POSBI di Jakarta. Mahasiswa Bajau yang ingin mengurus KIP-Kuliah silakan ikuti langkah berikut:
  1. Masuk Group WhatsApp POSBI KIP-KULIAH atau Klik Gambar:

Calon mahasiswa yang tidak punya nomor WA atau Tidak memiliki HP, bisa menggunakan HP teman atau HP orang tua. 2. Isi Formulir KIP-Kuliah: klik FORMULIR atau klik Gambar
3. Jika ada kendala dalam pengisian Formulir, silakan hugungi Admin POSBI KIP-Kuliah:
Tlp./WA: 0812 9829 6949 atas nama: Kak Sabi Masdur HUBUNGI WA Tlp./WA: 0853 9466 2345 atas nama Admin POSBI, HUBUNGI WA Informasi Penting yang dirilis dari Laman Kemendikbud tentang KIP-Kuliah adalah sebagai berikut: A. Calon Mahasiswa Baru yang memerlukan KIP Kuliah
BACA JUGA:  Pulau Pagerungan Besar-Sapeken-Sumenep-Jawa Timur
Bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu dan lulus SMA, SMK, MA/sederajat pada tahun 2018-2020, dipersilakan mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah mulai awal Maret 2020. Pendaftaran dilakukan secara online pada laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Data yang diperlukan untuk pendaftaran KIP Kuliah sama dengan persyaratan mendapatkan Bidikmisi, yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat e-mail. Setelah diverifikasi oleh sistem, calon akan menerima nomor pendaftaran dan kode akses untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Dalam hal calon mahasiswa berasal dari keluarga tidak mampu namun belum memiliki KIP atau orang tua/wali mahasiswa belum terdaftar sebagai penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), masih mungkin menerima KIP Kuliah selama lolos seleksi dan verifikasi kondisi ekonomi oleh perguruan tinggi terkait. B. Pendaftaran Jalur SNMPTN Calon mahasiswa yang tidak membutuhkan dukungan KIP Kuliah dan ingin mendaftar seleksi masuk PTN melalui jalur Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) dapat melakukan pendaftaran hingga 27 Februari 2020. Namun, khusus bagi calon mahasiswa yang membutuhkan dukungan KIP Kuliah dan ingin mendaftar seleksi masuk PTN melalui jalur SNMPTN, maka dipersilakan mendaftar ke laman KIP Kuliah terlebih dahulu untuk mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses. Pendaftaran dapat dilakukan pada awal bulan Maret 2020 hingga 31 Maret 2020.
BACA JUGA:  Rapat persiapan Milad HMB Makasar
“Bagi calon mahasiswa yang membutuhkan dukungan KIP Kuliah, diharapkan untuk tenang dan memantau perkembangan di kanal Kemendikbud. Informasi lebih lengkap terkait KIP Kuliah akan diumumkan pada awal Maret,” Ujar Sesjen Kemendikbud (sumber: https://www.kemdikbud.go.id/)
error: Content is protected !!
× Chat Redaksi