Potret Pendidikan Suku Bajau Desa Langara Tanjung Batu

Ferdin Bajau Wawonii

Langara tanjung batu merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan Provinsi Sulawesi Tenggara. Desa yang mayoritas berpenduduk suku Bajau (Bajo)

Mulanya motivasi pendidikan di desa tanjung batu ini masih dibilang minim, ditandai dengan masih ditemukan anak-anak yang tidak mau bersekolah atau melanjutkan pendidikan.

banner 325x300

Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adlah kurangnya motivasi dan dukungan dari orangtua sehingga keinginan untuk sekolah atau melanjutkan pendidikan terabaikan.

BACA JUGA:  JEMBATAN PENGHUBUNG HORUO DARAT DENGAN BAJAU MANTIGOLA RUSAK, MASYARAKAT BAJAU MANTIGOLA LAKUKAN KERJA BAKTI

Berdasarkan pengamatan penulis, terhitung sejak 2013 hingga saat ini. Pendidikan Desa Tanjung Batu mulai mengalami peningkatan baik dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas hingga melaju ketingkat jenjang Perguruan Tinggi negeri/swasta serta pendidikan militer.

Tercatat hingga saat ini sumberdaya pendidikan lulusan jenjang perguruan tinggi negeri/swasta di Desa Langara Tanjung Batu baru mencetak tiga sarjana yang terbagi dalam berbagai disiplin ilmu dan jenjang pendidikan kemiliteran tercatat dua lulusan atas nama Darsomo di Angkatan Darat (AD) dan Kurniawan di Angkatan Udara (AU).

BACA JUGA:  HUT Konut Ke-13 Masyarakat Bajau Ucapkan Terima Kasih kepada Pemerintah Kabupaten Konawe Utara

Tahun ini 2019, tercatat enam orang yang masih dalam status menjalani studinya yang terbagi dalam berbagai disiplin ilmu dan perguruan tinggi negeri/swasta salah satunya Desty N Mahasiswi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Makassar dan jenjang pendidikan kemiliteran atas nama Alamsyah.

error: Content is protected !!