Makna Dan Filosofi Logo Desa Pagerungan Kecil.

Pulau Pagerungan kecil adalah salah satu pulau dari Kepulauan Sapeken yang terletak di ujung timur pulau Jawa serta menjadi salah satu pulau terluar ke-3 bagian timur dari provinsi Jawa Timur. Pulau ini berada di sebelah timur Pulau Sadulang Besar dan sebelah barat Pulau Pagerungan Besar. Pulau Pagerungan kecil juga adalah salah satu pulau dengan penghasil ikan dasar yang terbilang tinggi. Salah satu jenis ikan yang banyak ditemukan di daerah Pagerungan kecil adalah Ikan Kakap Merah, Ikan Kakap Putih, Ikan Kerapu Sunu dan Ikan Layang . Secara administratif pulau ini berada di wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Indonesia.

Walaupun secara administratif berada di wilayah kabupaten Sumenep – Madura, tetapi secara kultural, penduduk desa ini justru memiliki kultur sulawesi. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Mandar yang notabene berasal dari Sulawesi Barat dan Bahasa Bajo yang konon berasal dari Sulawesi Tenggara, walaupun bahasa bajo ini sesungguhnya dipakai juga di beberapa daerah pesisir di Kalimantan, Maluku, Sumatera, Sulawesi, NTB, NTT, bahkan mancanegara seperti Malaysia, Filipina, konon juga di Madagaskar Afrika. Bersama Pulau Pagerungan Besar Pulau ini juga termasuk penghasil gas bumi terbesar se-jawa Timur dan penyuplai energi terbesar dunia

MAKNA DAN FILOSOFI LOGO DESA PAGERUNGAN KECIL

Deskripsi

BORDER
berbentuk Tameng memiliki makna kesiapan terhadap segala sesuatu yang bersifat membahayakan.

KUBAH
Relegius, yang di Designe menjadi perantara warna hijau yg melambangkan bumi berkah
dengan warna biru yg bermakna langit

KAPAL SAMUDRA RAKSA
Hasil karya terbaik Putra Pagerungan Kecil yang dikenal di seluruh Dunia, dan saat ini di museumkan di Candi Borobudur Yogyakarta.

IKAN
Melambangkan mata pencaharian penduduk Desa Pagerungan Kecil yang mayoritas Nelayan.

Desa : Pagerungan kecil
Kecamatan : Sapeken
Kabupaten : Sumenep
Provinsi : Jawa timur
Kepala Desa : Halilurrahman
Penduduk : 6.559 Jiwa

bajauindonesia.com
error: Content is protected !!