Pulau Pagerungan Besar-Sapeken-Sumenep-Jawa Timur

Prabu Siliwangi

Pagerungan Besar adalah salah satu pulau dari Kepulauan Sapeken yang terletak di ujung timur pulau Jawa serta menjadi salah satu pulau terluar bagian timur dari provinsi Jawa Timur. Pulau ini berada di sebelah Timur Pulau Pagerungan Kecil. Pulau Pagerungan Besar juga adalah salah satu pulau dengan penghasil ikan dasar yang terbilang tinggi. Salah satu jenis ikan yang banyak ditemukan di daerah Pagerungan Besar adalah Ikan Kakap Merah, Ikan Kakap Putih dan Ikan Kerapu Sunu. Secara administratif, pulau ini berada di wilayah Kabupaten SumenepJawa TimurIndonesia. Walaupun secara administratif berada di wilayah Kabupaten Sumenep – Madura, tetapi secara kultural, penduduk desa ini justru memiliki kultur Sulawesi. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Mandar yang notabene berasal dari Sulawesi Barat dan Bahasa Sama Bajau yang konon penduduknya berasal dari Sulawesi Tenggara, walaupun bahasa Sama Bajau ini sesungguhnya dipakai juga di beberapa daerah pesisir di Kalimantan, Maluku, Sumatera, bahkan mancanegara seperti Malaysia, Filipina, konon juga di Madagaskar Afrika.

Pagerungan Besar Tempat Operasinya PT. Kangean Energi Indonesia
Inilah pemandangan PT Kangean Energy Indonesia yang mengeksplorasi minyak dan gas di Pagerungan Besar, Kecamatan Sapeken di wilayah Kepulauan Kangean. Eksplorasi ini dilakukan telah lama, data lengkap tercantum dalam websitenya.
Kangean Energy Indonesia merupakan salah satu anak perusahaan dari Energy Mega Persada (EMP) Sebagai salah satu Perseroan yang mengeksplorasi dan memproduksi minyak dan gas bumi di pulau Jawa. EMP merupakan pemasok utama gas bumi bagi industri-industri yang sedang berkembang pesat di wilayah Jawa Timur dan pelanggan utama di Sumatera dan Kalimantan.
Keahlian dalam manajemen cadangan minyak dan gas, penggunaan teknologi modern yang inovatif serta teknik-teknik pengeboran diterapkan Perseroan dalam eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi di area seluas lebih dari 20.000 km2.
Berikut ini adalah timeline perkembangan eksplorasi yang dilakukan oleh Kangean Energy Indonesia:
  • Tahun 1980-2000: Eksplorasi dilakukan mulai dari bernama ARCO Bali North Inc. 
  • Tahun 2000-2004: Kemudian berubah nama menjadi BP Kangean Ltd. 
  • Tahun 2004-2007: Berubah lagi pada tahun 2004-2007 menjadi EMP Kangean Limited. 
  • Tahun 2007-sekarang: Hingga terakhir menjadi Kangean Energy Indonesia sejak tahun 2007 hingga sekarang.
BACA JUGA:  Kehidupan Cinta Laut Suku Mandar Sulawesi Barat
Menurut beberapa data yang kami peroleh dari Repbulika bahwa Kangean Energy Indonesia menjadi salah satu penghasil minyak mentah terbesar di Jawa Timur pada tahun 2014.

Daerah di Jawa Timur ini mampu menghasilkan minyak mentah sebanyak 52.290 barrel dan kondesat 326 barrel atau total sebanyak 52.616 barrel perhari. Daerah penghasil minyak di Provinsi Jawa Timur ini antara lain Kangean, Tuban, Cepu, Brantas, Madura Barat, Gresik, dan Bawean. Dimana pertambangan di daerah ini dikelola oleh berbagai perusahaan seperti Pertamina, Hess, Kodeco Energy, Total, Pertamina, Kangean Energy dan Petrochina.(Republika, 2014)

Namun ironisnya semua kekayaan alam tersebut sebagian besar dinikmati oleh negara-negara asing karena Indonesia belum mampu mengelolanya sendiri. Menurut SKK Migas yang dilansir Liputan 6, eksplorasi minyak terbesar di Indonesia masih berada di tangan PT. Chevron Pacific. Perusahaan asal Amerika ini masuk ke Indonesia tahun 1920.
Sumber : (Wikipedia & Kangean.net)
error: Content is protected !!
× Chat Redaksi