Kapal Suku Bajau Negara Asing Tangkap Ikan di Perairan Indonesia Tidak Ditenggelamkan

Avatar

Bajauindonesia.com: Pemerintah Indonesia tidak menenggelamkan semua kapal asing pencuri ikan. Salah satunya adalah kapal suku Bajau, atau yang dikenal sebagai manusia kapal.

“Suku Bajau itu ternyata dia menangkap ikan untuk hidupi keluarga, bukan komersial (tangkap ikan) besar-besaran,” kata Direktur Deputi Ekonomi, Keuangan dan Kooperasi Pengembangan Kementerian Luar Negeri Tumpal MH Hutagalung di kantornya, Jl Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (18/12/2014).

banner 325x300

Baca juga: Erni Bajau Melakukan Sosialisasi Pentingnya Pendidikan ke Desa Bajau Sulaho Kabupaten Kolaka Utara Sultra

Baca juga: Suku Bajau Termasuk 5 Suku di Dunia yang Memiliki Kemampuan Super

BACA JUGA:  Masih Zona Hijau, Masyarakat Sumenep Taat Aturan Pencegahan COVID-19

Suku Bajau dianggap sebagai kapal tradisional yang menangkap ikan untuk bertahan hidup, dan bukan tujuan komersil. Sebagian besar suku ini tak mengenal kewarganegaraan walau mereka kerap singgah di Malaysia, Filipina dan Indonesia.

“Jadi harus jelas ada verifikasi. Nelayan tradisional yang menangkap ikan untuk kepentingan livehood mereka. Terkait nelayan Bajau ini, perlu kerja sama tiga negara itu untuk mengatur, ini kemanusiaan. Kita tidak bisa menyamakan mereka dengan kapal asing yang benar-benar komersil,” ucap Tumpal.

Pengaturan itu diperlukan karena diketahui beberapa generasi suku Bajau sudah tinggal di lautan. Terkadang mereka berada di teritori Malaysia, besok bisa ada di Indonesia dan kemudian singgah di Filipina.

BACA JUGA:  Mengenal Suku Bajau, Tak Punya Kewarganegaraan Hidup Bagaikan Ikan

“Ya karena suku ini tidak ada kartu identitas. Walaupun mereka ada juga yang generasi mudanya tinggal di Malaysia untuk pendidikan di sana. Kalau tradisi mereka hidup di laut, ya kita harus mengkaji dulu,” ujar Tumpal.

(vid/rmd)

Sumber berita dirilis oleh news.detik.com

Judul Asli : Tangkap Ikan di Perairan Indonesia, Kapal Suku Bajau Tak Ditenggelamkan

error: Content is protected !!