Erni Bajau: Ikan Buntal bagi Suku Bajau untuk Vitalitas Laki-Laki hingga dapat Mematikan

Ikan Buntal jenis Kongkeh (Bahasa Bajau)
Ikan Buntal jenis Kongkeh (Bahasa Bajau)

Bajau Indonesia: Kongkeh adalah nama ikan buntal dalam bahasa Bajau. Setiap daerah, ikan buntal mungkin memiliki nama yang berbeda.

Beberapa media online sedang ramai menulis atau memberitakan tentang orang-orang yang meninggal akibat keracunan ikan buntal atau juga disebut ikan buntek ini.

Padahal, bagi kami orang Bajau, ikan buntal (kongkeh) ini tidak beracun, justru dagingnya sangat gurih dan legit. Jika mengunjungi kampung-kampung Bajau di Sulawesi Tenggara dan kampung-kampung Bajau di Kepulauan Banggai Sulawesi Tengah, saya pasti berburu ikan buntal dan ikan pogo’. Kedua ikan tersebut memiliki tempat istimewa di lidah (penulis). Hampir semua orang Bajau menyukai ikan buntal dan ikan pogo’.

https://www.instagram.com/p/BvhKvMYDHbj/
Ikan pogo’
Ikuti kami juga di Instagram bajautv

Namun, ada hal yang perlu diketahui oleh masyarakat umum, bahwa kami orang Bajau membedakan ikan buntal ini menjadi dua jenis: yakni Kongkeh dan Gurissang. Keduanya adalah jenis ikan buntal. Tapi ketika melihat gambar-gambar ikan buntal yang ada di media-media online, media-media tersebut tidak membedakan jenis buntal kongkeh dan buntal gurissang

Kongkeh

Ciri-ciri buntal konkeh adalah bentuknya bundar, berduri, dan dapat mengembang seperti balon sampai 5 kali lipat dari ukuran aslinya.

Ikan buntal Konkeh (Sumber foto: semuaikan.com

Bagi orang Bajau, kongkeh adalah jenis ikan yang sangat lezat, selain lezat dan legit. Kelezatan dan kelegitannya justru terdapat pada hati ikan buntal. Selain hatinya yang sangat lezat, dalam perut ikan buntal kongkeh juga terdapat gelembung putih yang kami sebut ampullus. Nah, ampullus ini konon sangat berguna untuk meningkatkan vitalitas laki-laki dan perempuan suku Bajau yang sering bekerja keras.

Ampullus (yang terdapat dalam perut ikan buntal kongkeh)

Ampullus kongkeh tersebut diolah dengan cara dikeringkan lalu setelah kering dapat disuguhkan dengan cara direbus dan airnya diseduh atau disuguhkan seperti minuman jamu atau teh. Jika dijual, harga ampullus kering ini mencapai ratusan ribu perkilonya

Ampullus Kongkeh siap dikeringkan, selanjutnya akan dikonsumsi sebagai ramuan untuk vitalitas laki-laki Bajau

Gurissang

Bagi orang Bajau, gurissang adalah jenis ikan yang sangat berbahaya karena beracun. Konon racun ikan buntal jenis gurissang yang besarnya seukuran tinju anak kecil dapat membunuh 30 orang dewasa.

Saya masih ingat dulu, tahun 1990-an di kampung saya, kampung Bajau di Kelurahan Langara Laut Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan SulTra (Sulawesi Tenggara). Kampung kami dihebohkan oleh kabar meninggalnya ibu teman bermain saya. Ibu teman saya ini baru saja habis melahirkan anak ketiganya. Namun, harus meregang nyawa karena memakan ikan buntal jenis gurissang.

Pertanyaannya, kenapa orang Bajau yang notabene orang laut ini bisa memakan ikan buntal jenis gurissang?

Inilah bahayanya ketika kita tidak dapat membedakan ikan buntal kongkeh dan ikan buntal gurissang. orang Bajau sendiri pun yang dapat dikategorikan sebagai suku yang bergelut dengan laut, seluruh hidupnya hampir di habiskan di atas laut, akrab dengan berbagai jenis ikan dan hasil laut, pun masih ada yang luput tidak dapat membedakan antara kongkeh dan gurissang apalagi orang awam yang tidak dapat membedakan jenis-jenis ikan.

Gurissang ciri-cirinya hampir sama dengan kongkeh, namun kongkeh durinya lebih panjang dan tajam. Sedangkan gurissang tidak memiliki duri seperti duri pada buntal jenis kongkeh.

Ikan buntal jenis gurissang yang sangat beracun
Sumber foto: semuaikan.com

Oleh karena itu, pembaca dan masyarakat yang suka makan ikan laut, mohon untuk berhati-hati mengonsumsi ikan buntal, jangan sampai Anda tidak dapat membedakan ikan buntal kongkeh dan ikan buntal gurissang.

Bagi Anda yang akan berwisata ke daerah Bajau atau kampung Bajau, jika ingin berkuliner ikan, kalian harus mencicipi ikan buntal dan ikan pogo. Tapi jangan sampai salah membedakan kedua ikan buntal tersebut.

Respon (36)

  1. Jenis ikan buntal ada dua ada yang dikenal dikalangan masyarakat bajo KONGKEH dan LUMIS.dan GURISANG
    KONGKEH sebagai mana ulasan tersebut benar adanya, dan masyarakat bajo pasti doyan dengan ikan KONGKEH. Ikan ini berduri tajam. Jika nelayan menangkapnya setelah dipermukaan air laut dan sudah disampan maka ikan ini akan menggelembung seperti bola dengan duri duri yang seakan menancap tegak ditubuhnya.
    Sama halnya dengan GURISANG, bisa dikonsumsi namun tidak semua orang bajo mampu mengolahnya karena dia beracun, yang membedakan adalah diameternya dan warnanya serta duri duri yang agak panjang.
    Sedangkan LUMIS sepengetahuan saya tidak biasa dikonsumsi karena beracun.
    Kenapa sering menelan korban buntal ini karena kebanyak orang diluar suku bajo tidak mampu membedakannya hanya terpusat pada pandangan bentuk muka yang sama namun sebenarnya secara fisik berbeda.

  2. After I originally commented I appear to have clicked the -Notify me when new comments are added- checkbox and now whenever a comment is added I receive four emails with the same comment. Is there an easy method you can remove me from that service? Thank you!

  3. Hi there! Do you know if they make any plugins to safeguard against hackers?

    I’m kinda paranoid about losing everything I’ve worked
    hard on. Any tips?

  4. I’m impressed, I have to admit. Rarely do I encounter a blog that’s both educative and
    engaging, and without a doubt, you have hit the nail on the head.

    The issue is something that too few people are speaking intelligently about.

    I am very happy that I stumbled across this during my hunt for something concerning this.

  5. Howdy, i read your blog occasionally and i own a similar one and i was just wondering if you get a lot of spam
    comments? If so how do you protect against it, any plugin or anything you can advise?
    I get so much lately it’s driving me crazy so any help is
    very much appreciated.

  6. It’s remarkable to go to see this web page and reading the views of all colleagues on the topic of this paragraph, while I
    am also keen of getting know-how. 3gqLYTc cheap flights

  7. Quality articles or reviews is the crucial to be a focus for the visitors to pay a visit
    the website, that’s what this web site is
    providing. cheap flights y2yxvvfw

  8. Hey! Someone in my Facebook group shared this website with us so I
    came to take a look. I’m definitely loving the information. I’m
    bookmarking and will be tweeting this to my followers!
    Great blog and excellent style and design.

  9. Hi there! This post couldn’t be written any better! Reading through this post reminds me of my previous room mate! He always kept talking about this. I will forward this article to him. Pretty sure he will have a good read. Thank you for sharing!

Tinggalkan Balasan

bajauindonesia.com
error: Content is protected !!