Lewat ke baris perkakas

6.659 Botol Jamu Tawon Klanceng Digilas

Jamu tawon klanceng mengandung bahan kimia, mengakibatkan kerusakan ulu hati, lambung, ciri-ciri yerkena jamu ini muka bengkak, perut besar. Mudah emosi.


Kejaksaan Negeri (Kejari) Batang musnahkan ribuan botol jamu merek Tawon Klanceng. Sejumlah 6.659 botol jamu tanpa izin edar itu dimusnahkan dengan cara dilindas menggunakan alat berat Selasa (10/8/2020). Pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan bersamaan dengan barang-barang lain hasil kejahatan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan obat-obatan terlarang.

“Jamu Tawon Klanceng sendiri dimusnahkan berdasarkan putusan berkekuatan hukum tetap Undang-undang Kesehatan terkait tidak adanya surat izin edar,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Batang Silvia Desty Rosalina pada Jawa Pos Radar Semarang Selasa (10/8/2020).

Jamu tanpa izin edar tersebut diduga mengandung bahan kimia berbahaya. Jika dikonsumsi dalam jangka panjang, bisa mengakibatkan kerusakan organ dalam. Barang bukti lain yang dimusnahkan berupa 458,4 gram ganja, 18,21 gram sabu, 1.626 butir pil hexymer, 96 pil yarindo serta tujuh unit handphone. Pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan dengan cara dibakar.

Pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan di halaman Kejari Batang. Turut menyaksikan dalam pemusnahan tersebut Sekda Lany Dwi Rejeki, Kapolres AKBP Abdul Waras, Kasdim Mayor Inf Raji, Kepala BNNK AKBP Windarto, Ketua DPRD Maulana Yusup, dan perwakilan dari Dinas Kesehatan Batang.

“Kami melakukan pemusnahan barang bukti yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap. Barang bukti yang kami musnahkan saat ini merupakan hasil perkara dari bulan April hingga Juni 2020, atas putusan dari 25 perkara. Ini adalah pelaksanaan pemusnahan periode kedua setelah sebelumnya pada Maret 2020 telah dilakukan pemusnahan periode pertama,” paparnya.

Silvi menjelaskan saat ini ada peningkatan kasus penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Batang. Namun jumlahnya tidak signifikan. Pemusnahan barang bukti oleh Kejari Batang tersebut ditujukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan serta tertib administrasi.

“Kejaksaan selalu mendukung pemberantasan narkoba. Khususnya di wilayah Kabupaten Batang apalagi barang-barang tersebut sangat berbahaya bagi masyarakat sehingga harus dimusnahkan,” tuturnya.

Jamu Tawon Klanceng Ternyata, cairan itu mengandung cairan obat dalam (COD) dan bahan kimia obat. Jika tidak mengikuti aturan minum, maka akan sangat berbahaya bagi tubuh. Selain juga membahayakan hati dan ginjal, serta berdampak pengeroposan tulang, karena mengandung zat fenilbutazon. “Memang akibatnya tidak langsung. Tapi jangka panjang. Dalam tubuh ada hati ada ginjal yang akan terkena. Masyarakat kadang tidak percaya karena jangkanya panjang,”

One thought on “6.659 Botol Jamu Tawon Klanceng Digilas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!
Silakan kirim chat
1
Silakan Chat
Untuk Informasi seputar Bajau, Silakan Chat kami...Sallah Pasidakauang,,,(Salam Persatuan)