Organisasi Persatuan Orang Sama Bajau Indonesia Terbentuk, POSBI Diharapkan menjadi Organisasi Nasional yang Besar dan Menjadi Kekuatan Masyarakat Bajo di Indonesia

Avatar

Latar Belakang Pendirian POSBI

banner 325x300

Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan beraneka ragam budaya, etnis, adat-istiadat, bahasa, dan lain sebagainya. Salah satu etnis yang ada di Indonesia adalah Etnis Bajau atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan orang Bajo atau suku Bajo.

Warga masyarakat Sama Bajau semakin hari kian bertambah, tersebar hampir di semua wilayah di Indonesia. Keberadaan Etnis Sama Bajau di tengah-tengah masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia semakin kompleks dan dinamis  sehingga menjadi alasan seorang aktivis perempuan Bajau, Erni Bajau menginisiasi terbentuknya sebuah organisasi masyarakat Bajo bernama Persatuan Orang Sama Bajau Indonesia yang kemudian disingkat menjadi POSBI

Legalitas Pendirian Organisasi POSBI

POSBI mengantongi izin pendirian organisasi melalui surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia ber-NOMOR AHU-0036774.AH.01.01.TAHUN 2020, maka selanjutnya POSBI telah berhak mengelola, membentuk kepengurusan, melengkapi administrasi kepengurusan wilayah, dan mengembangkan organisasi sesuai dengan peraturan perudang-undangan yang berlaku.

BACA JUGA:  Cagar Biosfer Asia Tenggara Bekerja Sama dengan POSBI dalam Konferensi Internasional di Wakatobi, Menampilkan Atraksi Menarik

POSBI Menyediakan Portal/Website untuk Kesekretariatan Semua Wilayah

POSBI diharapkan dapat menjadi wadah/organisasi yang dapat mempersatukan masyarakat Bajau seluruh Indonesia, sebagai wadah menjalin silaturrahim antarmasyarakat dan antarorganisasi, sebagai pusat penyajian data informasi kependudukan, informasi pusat kebudayaan, pendidikan, kesehatan, sandang, pangan, dan sebagainya. Oleh karena harapan tersebut, POSBI akan menyediakan situs berbasis website untuk semua wilayah.

Dalam perjalanannya, POSBI akan menyediakan portal/situs berbasis website sebagai fasilitas kesekretariatan online untuk setiap kepengurusan di wilayah masing-masing, mulai dari :
Dalam perjalanannya, POSBI akan menyediakan portal/situs berbasis website sebagai fasilitas kesekretariatan online untuk setiap kepengurusan di wilayah masing-masing, mulai dari :
– Pengurus Pusat (DPP)
– Pengurus Provinsi (DPW)
– Pengurus Kabupaten/Kota (DPD)
– Pengurus Kecamatan (DPC)
– Pengurus Kelurahan/Desa (Ranting)
– Dewan Pengurus Luar Negeri (DPLN)

Portal akan dikelola oleh generasi Bajau atau Pemuda Bajau Milenial di wilayah kepengurusan masing-masing.

BACA JUGA:  Tokoh Masyarakat Bersama Para Elit Politik Kawal HALIM-UNTUNG ke KPU KONKEP

POSBI Diharapkan Menjadi Organisasi Nasional, Organisasi yang Besar dan Menjadi Kekuatan Masyarakat Bajo di Indonesia


Upayah pembentukan wadah organisasi POSBI sudah lama digagas. Meskipun sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan para tetua, tokoh Bajau, para pemikir Bajau, Pemuda, Mahasiswa, yang tergabung dalam forum fomunikasi FKBI (Forum Keluarga Bajau Indonesia), namun belum terbentuk formalisasinya. Keinginan untuk membentuk wadah formal semakin mengemuka dan mendesak setelah sering ditemukannya kekurangan informasi pendataan masyarakat Bajau, pemetaan wilayah huni, jumlah penduduk, pendataan atau pengklasifikasian kekayaan budaya, sastra lisan maupun tulisan, dan lain sebagainya. Menyikapi hal tersebut, atas isiasi Erni Bajau dan didukung oleh Tokoh-Tokoh Masyarakat dan warga Bajau di Wilayah Nusantara memprakarsai untuk membentuk sebuah wadah Persatuan Orang Sama Bajau Indonesia (POSBI). Diharpkan POSBI menjadi organisasi yang besar dan kuat, dan bersungguh-sungguh, bersama saling mendukung, saling mengayomi, saling melindungi, saling menjaga, saling tolong-menolong, saling peduli, menjalin hubungan kekeluargaan, baik diantara para pengurus POSBI, maupun diantara para pengurus organisasi Bajau yang telah ada.

BACA JUGA:  Tempat Objek Wisata di Bangkep Perlu Pembenahan (Pamannang Wisata ma Bangkep Perlu Dipakkialak)

Sallah Pasidakauang (Salam Persatuan)
POSBIJaya, POSBI Kekuatan Sama Bajau Indonesia

error: Content is protected !!